• Jl. Siwalan No. 37, Kerten, Laweyan, Surakarta
  • (0271) 765 17 17
  • solocancerhospital@gmail.com

Bernafas Lega adalah Hak Setiap Manusia

Belakangan ini kita menghirup udara yang semakin kering, gersang, dan tidak segar. Hal ini yang membuat tidak nyaman ini tentu berkaitan dengan kerusakan lingkungan yang semakin dahsyat. Kita bisa melihat melalui berbagai media bahwa terjadi kebakaran hutan Amazon di Brazil yang merupakan paru-paru terbesar dunia, belum lagi kebakaran hutan di beberapa wialayah di tanah air yang menimbulkan bencana kabut asap hingga ke negara tetangga. Bahkan penurunan kualitas udara juga terjadi di sekitar kita akibat masyarakat yang belum sadar terhadap kesehatan dan kelestarian lingkungan.

Gangguan kesehatan pernafasan merupakan salah satu dampak negative yang perlu kita mewaspadai. Faktanya, peningkatan jumlah penderita penyakit pada saluran pernafasan yang serius seperti penyakit paru obstruksi kronik, kanker paru, kanker saluan pernafasan, asma, dan berbagai penyakit pernafasan lainnya bersamaan dengan semakin buruknya kualitas udara di dunia. Penyakit-penyakit tersebut tidak hanya membuat kita sulit bernafas lega tetapi juga mengganggu aktivitas sehari-hari karena terjadi gangguan pada pertukaran oksigen dan karbondioksida di dalam paru-paru kita. Oleh karena itu, bantulah orang disekitar anda untuk bisa bernafas degan segar dan menghindari berbagai penyakit yang disebabkan pencemaran udara dengan cara

1. Tidak merokok di tempat umum

2. Menegur orang yang sedang merokok di tempat umum

3. Tidak membakar sampah/ apapun sembarangan

4. Menegur apabila masih ada orang yang membakar sampah/ apapun sembarangan

5. Memakai masker saat berkendara sepeda motor

Selain melakukan berbagai tindakan pencegahan, kita juga perlu mewaspadai beberapa penyakit serius yang terjadi pada sistem pernafasan. Oleh karena itu, apabila ada orang disekitar anda yang memiliki keluhan kesehatan pernafasan seperti batuk berdahak yang tidak sembuh-sembuh, sesak nafas berulang yang dipicu infeksi pernafasan atau allergen, maka antarkanlah mereka untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Karena bernafas lega adalah hak setiap manusia.

Penulis: dr Farchan Azzumar (14 September 2019)