• Jl. Siwalan No. 37, Kerten, Laweyan, Surakarta
  • (0271) 765 17 17
  • solocancerhospital@gmail.com

KANKER PADA ANAK

Ada enam jenis kanker yang sering menyerang anak-anak. Kanker tersebut adalah Leukimia, Retinoblastoma, Osteosarkoma, Neuroblastoma, Limfoma Maligna, Karsinoma Nasofaring . Berbeda dengan kanker pada orang dewasa, kanker pada anak lebih sulit diketahui karena anak-anak pada umumnya belum mampu untuk mengemukakan apa yang dirasakan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali tanda dan gejala kanker pada anak, sehingga dapat dilakukan penanganan segera dan tingkat kesembuhan menjadi lebih besar.

1. LEUKIMIA Leukemia (kanker darah) adalah kanker yang paling banyak di jumpai pada anak - anak. Leukemia mempunyai harapan sembuh dengan pengobatan yang tepat dan benar. Gejala yang perlu di waspadai dan sering di temukan antara lain pucat, demam yang tidak jelas sebabnya, pendarahan yang tidak jelas sebabnya, Lalu juga dibarengi pembesaran hati, limpa, dan kelenjar getah bening, kejang sampai penurunan kesadaran ditambah pendarahan kulit dan atau pendarahan spontan, nyeri tulang, seringkali ditandai dengan anak tidak mau berdiri dan berjalan, dan lebih nyaman digendong dan pembesaran buah zakar dengan konsistensi keras.

2. RETINOBLASTOMA Kanker mata (Retinoblastoma) kanker yang sering juga di jumpai pada anak dibawah usia 5 tahun. Gejala yang perlu di waspadai ialah adanya bercak putih di bagian tengah mata yang bersinar apabila terkena cahaya ( seperti mata kucing ).Hal lain yang perlu di perhatikan ialah penglihatan yang terganggu, mata menjadi juling, dan bila telah lanjut maka bola mata menonjol keluar.

3. LIMFOMA MALIGNA Limfoma maligna atau kelenjar getah bening adalah kanker yang biasanya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang cepat tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran dapat terjadi di daerah leher, ketiak, selangkangan, usus.sesak nafas, demam, keringat malam hari, lemah, lesu, nafsu makan berkurang, dan berat badan turun secara drastis. Kanker kelenjar getah bening ini lebih banyak ditemukan pada usia di bawah 20 tahun.

Bila timbulnya di kelenjar getah bening usus, maka dapat menyebabkan sumbatan pada usus dengan gejal sakit perut, muntah, tidak bias buang air besar, dan demam. Bila tumbuh di daerah dada, maka dapat mendorong atau menekan saluran nafas dan muka membiru.

4. NEUROBLASTOMA Neuroblastoma adalah suatu jenis kanker saraf yang dapat menunjukan banyak gejala yang tergantung pada letaknya, dan bias saja terjadi dari lahir. Neuroblastoma dapat terjadi di leher, rongga dada, dan mata. Bila terdapat di daerah mata dapat menyebabkan bola mata menonjol, kelopak mata turun dan pupil menyebar. Bila terdapat di tulang belakang dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan kelumpuhan.

Tumor di daerah perut akan teraba bila sudah besar. Penyebaran pada tulang dapat menyebabkan patah tulang tanpa sebab, tanpa nyeri sehingga penderitanya dapat pincang mendadak.

5. OSTEOSARKOMA Osteosarkoma (kanker tulang), Pembengkakan yang cepat apabila di sertai rasa nyeri pada tulang. Perlu diwaspadai sebagai kemungkinan adanya kanker tulang. Kanker tulang dapat menyerang setiap bagian tulang, tetapi yang terbanyak ditemukan pada tungkai, lengan dan pinggul. Kadang-kadang didahului oleh rudapaksa ( benturan keras ) seperti jatuh dan sebagainya.

6. KARSINOMA NASOFARING Kanker Nasofaring (kanker pada tenggorokan). Gejalanya berupa ingus bercampur darha, pilek dan air ludah kental, hidung tersumbat dan mimisan, tuli sebelah, telinga berdengung, dan nyeri. Gejala lanjut pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher, gangguang penglihatan, kesulitan membuka mulut, gangguan menelan, kesemutan dan kebas pada daerah muka.