• Jl. Siwalan No. 37, Kerten, Laweyan, Surakarta
  • (0271) 765 17 17
  • solocancerhospital@gmail.com

Mengenal-Kanker

Sekumpulan Penyakit Terkait

Kanker adalah nama yang diberikan untuk sekumpulan penyakit terkait. Pada semua jenis kanker, beberapa sel tubuh mulai membelah tanpa berhenti dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Kanker bisa dimulai hampir di manapun di tubuh manusia, yang terdiri dari triliunan sel. Biasanya, sel manusia tumbuh dan membelah diri untuk membentuk sel baru sesuai kebutuhan tubuh mereka. Ketika sel-sel tumbuh tua atau menjadi rusak, mereka mati, dan sel baru menggantikannya.

Ketika kanker berkembang, proses yang teratur ini rusak. Seiring pertumbuhan kanker, pertumbuhan sel semakin abnormal, sel-sel tua atau rusak bertahan saat mereka seharusnya mati, dan sel-sel baru terbentuk saat tidak dibutuhkan. Sel tambahan ini bisa membelah tanpa berhenti dan bisa membentuk pertumbuhan yang disebut tumor.

Banyak jenis kanker membentuk tumor padat, yaitu massa jaringan. Sedangkan kanker darah, seperti leukemia, umumnya tidak membentuk tumor padat.

Tumor kanker dinyatakan ganas artinya mereka dapat menyebar ke dalam, atau menyerang jaringan di dekatnya. Selain itu saat tumor ini tumbuh, beberapa sel kanker dapat melakukan penyebaran ke tempat yang jauh di dalam tubuh melalui darah atau sistem getah bening dan membentuk tumor baru yang jauh dari tumor aslinya.

Sedangkan tumor jinak tidak menyebar ke dalam, atau menyerang, di jaringan dekatnya. Tumor jinak terkadang bisa cukup besar dan bila diangkat, biasanya tidak tumbuh kembali. Tumor otak walaupun jinak bisa mengancam nyawa.

Perbedaan Antara Sel Kanker Dan Sel Normal

Sel kanker berbeda dari sel normal dalam berbagai hal, terutama bagaimana mereka tumbuh di luar kendali dan menjadi invasif. Salah satu perbedaan penting adalah sel kanker kurang spesifik dibanding sel normal. Saat sel normal matang mereka menjadi tipe sel yang sangat berbeda dengan fungsi spesifik sedangkan sel kanker tidak. Inilah salah satu alasannya, sel kanker terus membelah tanpa berhenti.

Selain itu, sel kanker mampu mengabaikan sinyal tubuh yang biasanya memberi tahu sel untuk berhenti membelah atau memulai sebuah proses yang dikenal sebagai kematian sel terprogram, atau apoptosis, yang digunakan tubuh untuk menyingkirkan sel yang tidak dibutuhkan.

Sel kanker mungkin dapat mempengaruhi sel normal, molekul, dan pembuluh darah yang mengelilingi dan memberi makan tumor - area yang dikenal sebagai lingkungan mikro. misalnya, sel kanker dapat menginduksi sel normal terdekat untuk membentuk pembuluh darah yang memasok tumor dengan oksigen dan nutrisi, yang mereka butuhkan untuk tumbuh. pembuluh darah ini juga membuang produk limbah dari tumor.

Sel kanker juga sering bisa menghindari sistem kekebalan tubuh, jaringan organ, jaringan, dan sel khusus yang melindungi tubuh dari infeksi dan kondisi lainnya. meski sistem kekebalan tubuh biasanya menghilangkan sel yang rusak atau tidak normal dari tubuh, beberapa sel kanker mampu bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh.

Tumor juga bisa menggunakan sistem kekebalan tubuh agar tetap hidup dan tumbuh. misalnya, dengan bantuan sel sistem kekebalan tertentu yang biasanya mencegah respons kekebalan pelarian, sel kanker justru dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak membunuh sel kanker.

Bagaimana Kanker Timbul

kanker adalah penyakit genetik - yaitu, hal ini disebabkan oleh perubahan pada gen yang mengendalikan fungsi sel kita, terutama bagaimana mereka tumbuh dan membelah.

Perubahan genetik yang menyebabkan kanker bisa diwariskan dari orang tua kita. mereka juga dapat timbul selama masa hidup seseorang sebagai akibat kesalahan yang terjadi saat sel membelah atau karena kerusakan DNA akibat paparan lingkungan tertentu. paparan lingkungan penyebab kanker meliputi zat, seperti zat kimia dalam asap tembakau, dan radiasi, seperti sinar ultraviolet dari matahari.

Kanker setiap orang memiliki kombinasi unik dari perubahan genetik. seiring kanker terus tumbuh, perubahan tambahan akan terjadi. bahkan di dalam tumor yang sama, sel yang berbeda mungkin memiliki perubahan genetik yang berbeda.

Secara umum, sel kanker memiliki lebih banyak perubahan genetik, seperti mutasi pada DNA, dari pada sel normal. beberapa perubahan ini mungkin tidak ada kaitannya dengan kanker; mereka mungkin hasil dari kanker, bukan penyebabnya.

Pencetus Kanker

Perubahan genetik yang berkontribusi terhadap kanker cenderung mempengaruhi tiga jenis utama gen-proto-onkogen, gen supresor tumor, dan gen perbaikan DNA. perubahan ini kadang disebut penggerak kanker.

Proto-onkogen terlibat dalam pertumbuhan dan pembagian sel normal. namun, ketika gen ini diubah dengan cara tertentu atau lebih aktif dari biasanya, gen tersebut mungkin menjadi gen penyebab kanker (atau onkogen), yang memungkinkan sel tumbuh dan bertahan jika tidak seharusnya.

gen supresor tumor juga terlibat dalam mengendalikan pertumbuhan dan pembelahan sel. sel dengan perubahan tertentu pada gen supresor tumor dapat membelah dengan cara yang tidak terkendali.

Gen perbaikan DNA terlibat dalam memperbaiki DNA yang rusak. Sel dengan mutasi pada gen ini cenderung mengalami mutasi tambahan pada gen lainnya. bersama-sama, mutasi ini bisa menyebabkan sel menjadi kanker.

Setelah ilmuwan telah mengetahui lebih banyak tentang perubahan molekuler yang menyebabkan kanker, mereka telah menemukan bahwa mutasi tertentu biasanya terjadi pada banyak jenis kanker. Karena itu, kanker kadang-kadang dikenal lewat jenis perubahan genetik yang diyakini mendorongnya, tidak hanya dengan di mana mereka berkembang di dalam tubuh dan bagaimana sel kanker terlihat di bawah mikroskop.

Kapan Kanker Menyebar

sebuah kanker yang telah menyebar dari tempat pertama kali mulai ke tempat lain di dalam tubuh disebut kanker metastatik. Proses dimana sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain disebut metastasis.

Kanker metastatik memiliki nama yang sama dan jenis sel kanker yang sama dengan kanker asal, atau primer. Misalnya, kanker payudara yang menyebar ke dan membentuk tumor metastasis di paru-paru adalah kanker payudara metastatik, bukan kanker paru-paru.

Di bawah mikroskop sel kanker metastatik umumnya terlihat sama seperti sel kanker asli. Selain itu, sel kanker metastatik dan sel kanker asli biasanya memiliki beberapa ciri molekuler yang sama.

Pengobatan dapat membantu memperpanjang hidup beberapa orang dengan kanker yang telah bermetastasis. Namun tujuan utama pengobatan untuk kanker metastatik adalah untuk mengendalikan pertumbuhan kanker atau untuk menghilangkan gejala yang disebabkan olehnya. Tumor metastatik dapat menyebabkan kerusakan parah pada fungsi tubuh, dan kebanyakan orang yang meninggal karena kanker meninggal setelah kanker bermetastasis.

Jenis Kanker

Ada lebih dari 100 jenis kanker. Jenis kanker biasanya dinamai untuk organ atau jaringan dimana kanker terbentuk. Misalnya, kanker paru-paru dimulai di sel-sel paru-paru, dan kanker otak dimulai di sel-sel otak. Kanker juga dapat digambarkan oleh jenis sel yang membentuknya, seperti sel epitel atau sel skuamosa.